Cari Karya Tulis
Tautan

Tentang Kami

Di era global ini, penguatan jejaring kerja (networking) dan saling tukar informasi (information exchange) merupakan hal yang esensial bagi pengembangan suatu organisasi. Jejaring kerja akan memunculkan kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Sedangkan akses terhadap informasi sangat diperlukan dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya manusia.

Dalam rangka melakukan perubahan, reformasi, ataupun modernisasi sistem administrasi negara telah banyak dilakukan penelitian ataupun kajian serta gagasan-gagasan baik yang dihasilkan oleh institusi-institusi akademik, lembaga-lembaga penelitian independen maupun pakar perorangan. Sehubungan dengan hal tersebut, untuk mewadahi hasil-hasil penelitian, kajian maupun pemikiran-pemikiran aktual dalam bidang administrasi negara dipandang perlu untuk menertibkan jurnal ilmiah. 

Sementara itu, proses pendidikan dan pelatihan adalah bidang yang sangat memerlukan adanya jejaring kerja dan saling tukar informasi ini. Diklat adalah proses yang dinamis dimana interaksi antar komponen penyelenggara, peserta, dan widyaiswara berlangsung secara intens yang memerlukan program pengembangan yang terus menerus.  Widyaiswara, misalnya, harus terus-menerus meningkatkan kapasitas keilmuannya agar mereka dapat mendidik dan melatih dengan efektif.

Sebagai lembaga pembina diklat, Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan  Aparatur I LAN dituntut untuk memberikan fasilitas proses penguatan networking dan saling tukar informasi antar penyelenggara atau pengelola diklat di instansi pemerintah.  Proses pembinaan ini dapat dilakukan dengan membuat suatu media komunikasi yang menjembatani pertukaran ide dan gagasan antar berbagai pihak yang terlibat dalam bentuk penerbitan Jurnal Diklat Aparatur dan Jurnal Wacana Kinerja.

JURNAL WACANA KINERJA diharapkan dapat memfasilitasi para pejabat fungsional peneliti dan pejabat fungsional lainnya, pakar, praktisi, pengamat serta karyawan yang berpotensi baik yang ada di lingkungan PKP2A I LAN maupun dari instansi lain dalam mempublikasikan pemikiran-pemikirannya

JURNAL DIKLAT APARATUR merupakan wahana pengembangan dan penyebarluasan hasil hasil penelitian, analisis, kajian dan gagasan ilmiah di bidang pendidikan dan pelatihan. Jurnal ini akan berisi berbagai informasi tentang kediklatan baik itu artikel ilmiah, hasil kajian diklat, evaluasi diklat maupun informasi tentang penyelenggaraan diklat baik di PKP2A I LAN, maupun instansi penyelenggara diklat lainnya.

Tujuan penerbitan Jurnal Ilmiah ini adalah untuk menciptakan media informasi bagi para aparatur, praktisi dan akademisi dalam rangka pengembangan gagasan-gagasan ilmiah dan aktual dalam bidang administrasi negara.

Adapun sasaran kegiatan penerbitan jurnal ini adalah sebagai berikut:

  1. Bagi Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I LAN kegiatan ini merupakan salah satu bentuk promosi dalam rangka lebih memperkenalkan lagi eksistensi LAN di Daerah sebagai instansi pembina diklat.
  2. Bagi Instansi penyelenggara Diklat kegiatan ini bermanfaat untuk memperoleh informasi aktual dan ilmiah dalam bidang kediklatan
  3. Bagi widyaiswara kegiatan ini membantu dalam memberikan suatu wadah untuk kegiatan pengembangan profesi sebagai pejabat fungsional widyaiswara dalam bentuk penulisan karya tulis ilmiah.
  4. Bagi peneliti dan akademisi dapat menjadi wadah pengembangan ilmu administrasi negara